Senin, 25 April 2011

[CLEAN ENERGY]Liquid Hydrogen : Mengenal penggunaan Bahan Bakar Alternatif Masa Depan

Hidrogen adalah unsur kimia yang paling melimpah di alam semesta. Begitu pula dengan keberadaan unsur tersebut di Bumi kita tercinta, namun gas hidrogen murni relatif jarang didapatkan karena biasanya akan ditemukan dalam bentuk molekul dengan dua atom hidrogen terikat bersama dan membentuk senyawa H2 yg sangat ringan sehingga secara cepat akan terangkat ke atas atmosfer bumi.
Kebanyakan hidrogen di permukaan bumi terikat bersama dengan atom lain sebagai molekul yang membentuk berbagai zat, sebagai contoh :

H2O ------> atau yang lebih dikenal sebagai 
Air,
CH4 ------> juga dikenal sebagai Metana

kedua zat tersebut mengandung molekul hidrogen. 


Namun sebelum dapat digunakan sebagai bahan bakar, hidrogen harus diekstrak dari zat pengikat lainnya, yang biasanya pada akhir proses ekstrak akan berbentuk cairan yang kemudian disebut sebagai :
 

LIQUID HYDROGEN (LH2) -----> atau 
HIDROGEN CAIR.


Spoiler for liquid hydrogen tank


Salah satu penggunaan terbesar dari hidrogen cair adalah untuk bahan bakar pada mesin utama roket pendorong 
( Space Shuttle Main Engines /SSMEs ) pesawat luar angkasa NASA. Pada setiap pesawat luar angkasa NASA yang meluncur ke orbit akan didorong menggunakan sekitar 3 dari 14 SSMEs.
Spoiler for mesin roket pendorong gan


Pada saat proses lepas landas, Mesin utama pesawat luar angkasa tersebut akan membakar injeksi campuran liquid hydrogen dan oksidizer (biasanya menggunakan 
liquid oxygen /LOX) ditambah dgn 2 roket booster, maka masing2 mesin utama pendorong akan menghasilkan energi sekitar 1.8 meganewtons.

Mesin utama Roket Pesawat Ulang alik mampu beroperasi pd suhu ekstrim. Bahan bakar hidrogen cair disimpan pada suhu 
-253 ° C (-423 ° F). namun ketika dibakar dengan oksigen cair, suhu di dalam ruang bakar mencapai 3.300 ° C …… Dijamin bwt bakar sate lgs Mateng gan!! 
Spoiler for space shuttle



Selain itu penggunaan hidrogen cair juga tercatat diaplikasikan pada mobil, seperti pada 
BMW H2R ("Hydrogen Record Car") yg merupakan salah satu prototype mobil balap dengan bahan bakar hidrogen cair. Mobil ini dikembangkan dalam waktu yang relatif singkat yaitu 10 bulan, dan telah mendapatkan sembilan rekor kecepatan internasional di Miramas Proving Grounds di Perancis, dengan mencapai kecepatan tertinggi lebih 301,95 km / jam.
Spoiler for BMW H2R



Amerika adalah salah satu negara yang menghabiskan investasi dalam jumlah banyak untuk pengembangan sel bahan bakar dengan dasar materi hidrogen cair. Pada tahun 2003, Presiden Bush mengumumkan sebuah program yang disebut 
Hydrogen Fuel Initiative (HFI). Proyek ini didukung oleh Undang-Undang Kebijakan Energi 2005 (EPACT 2005) dan Advanced Energi Initiative tahun 2006, program ini bertujuan untuk mengembangkan hidrogen, sel bahan bakar dan infrastruktur teknologi untuk membuat sel bahan bakar untuk kendaraan yang praktis dan hemat biaya untuk penggunaan jangka panjang di tahun 2020. Amerika Serikat telah mendedikasikan lebih dari satu miliar dolar untuk penelitian sel bahan bakar dan pengembangannya sejauh ini.

Cuma ane bingung, knapa ya kalo NASA udah nyampe kmana-mana lancar-lancar aja tapi kalo yg lainnya cuma buat prototype aja ya gan??ga bole dijual massal??
 


sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7725761
 

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes